Pengantar Teknologi Informasi

                                                                                               MODUL I

                                                    PERUSAHAAN BERBASIS IT PADA MASA KINI
                                                          

1. BISNIS BERBASISKAN SUMBER DAYA INFORMASI
Perkembangan Teknologi Informasi sampai dengan saat ini berkembang dengan pesat seiring dengan penemuan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam bidang Informasi dan Komunikasi sehingga mampu menciptakan alat-alat yang mendukung perkembangan Teknologi Informasi, mulai dari sistem komunikasi sampai dengan alat komunikasi yang searah maupun dua arah (interaktif).
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.
Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis, dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran. Perkembangan Teknologi Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika. Dalam dunia bisnis teknologi informasi banyak berperan dalam beberapa bidang, diantaranya adalah bidang keuangan dan Perbankan.

Bidang Keuangan dan PerbankanMO
Saat ini telah banyak para pelaku ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan layanan perbankan modern.
Layanan perbankan modern yang hanya ada di kota-kota besar ini dapat dimaklumi karena pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih terpusat di kota-kota besar saja, yang menyebabkan perputaran uang juga terpusat di kota-kota besar. Sehingga sektor perbankan pun agak lamban dalam ekspansinya ke daerah-daerah. Hal ini sedikit banyak disebabkan oleh kondisi infrastruktur saat ini selain aspek geografis Indonesia yang unik dan luas.
Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada teknologi informasi online, sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.
Pengembangan teknologi dan infrastruktur telematika di Indonesia akan sangat membantu pengembangan industri di sektor keuangan ini, seperti perluasan cakupan usaha dengan membuka cabang-cabang di daerah, serta pertukaran informasi antara sesama perusahaan asuransi, broker, industri perbankan, serta lembaga pembiayaan lainnya.
Institusi perbankan dan keuangan telah dipengaruhi dengan kuat oleh pengembangan produk dalam teknologi informasi, bahkan mereka tidak dapat beroperasi lagi tanpa adanya teknologi informasi tersebut. Sektor ini memerlukan pengembangan produk dalam teknologi informasi untuk memberikan jasa-jasa mereka kepada pelanggan mereka.
Program pengembangan sistem informasi di Indonesia dimaksudkan untuk mengembangkan sistem informasi yang diperlukan untuk meningkatkan masuknya informasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi di dunia internasional, memperlancar pertukaran dan penyebaran informasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan sistem perencanaan, pengelolaan, pemantauan kegiatan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Besarnya biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk melakukan kajian, penelitian, penerapan penguasaan dibidang teknologi informasi selama kurun waktu tahun anggaran 1997/1998 sampai 2001 dapat dilihat pada Tabel dibawah ini.
Tabel di bawah memperlihatkan APBN (rupiah murni) untuk program pengembangan sistem informasi, tahun anggaran 1997/1998 sampai 2001.


Perkembangan teknologi informasi Indonesia sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya manusia dalam memahami komponen teknologi informasi, seperti perangkat keras dan perangkat lunak komputer; sistem jaringan baik berupa LAN ataupun WAN dan sistem telekomunikasi yang akan digunakan untuk mentransfer data. Kebutuhan akan tenaga yang berbasis teknologi informasi masih terus meningkat; hal ini bisa terlihat dengan banyaknya jenis pekerjaan yang memerlukan kemampuan di bidang teknologi informasi di berbagai bidang; juga jumlah SDM berkemampuan di bidang teknologi informasi masih sedikit, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia.
Diperlukan suatu kerangka teknologi informasi nasional yang akan mewujudkan masyarakat Indonesia siap menghadapi AFTA 2003 yang dapat menyediakan akses universal terhadap informasi kepada masyarakat luas secara adil dan merata, meningkatkan koordinasi dan pendayagunaan informasi secara optimal, meningkatkan efisiensi dan produktivitas, meningkatkan kualitas dan kuantitas sumberdaya manusia, meningkatkan pemanfaatan infrastruktur teknologi informasi, termasuk penerapan peraturan perundang-undangan yang mendukungnya; mendorong pertumbuhan ekonomi dengan pemanfaatan dan pengembangan teknologi informasi.

2. PERSAINGAN DAN DUKUNGAN IT
Teknologi Informasi merupakan sebuah bentuk umum yang menggambarkan setiap teknologi yang membantu menghasilkan, memanipulasi, menyimpan, mengkomuni-kasikan, dan / atau menyampaikan informasi (Williams, Sawyer, 2005)
Teknologi Informasi merupakan kombinasi teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) untuk mengolah dan menyimpan informasi dengan teknologi komunikasi untuk melakukan transmisi informasi (Martin, Brown, DeHayes, Hoffer, Perkins, 2005).
Dari definisi tersebut mengandung dua hal penting, yaitu teknologi komputer dan
teknologi komunikasi.

Revolusi Teknologi Saat ini dan Mendatang
Untuk Kerja
Pekerja yg “ mobile “
Produktivitas
Komunikasi
Akses

Untuk Di Rumah
Komunikasi
Personal korespondensi
Pekerjaan dirumah
Koneksi

Untuk Hiburan/bermain
Komunikasi
Gaming
Koneksi

Revolusi Teknologi Mendatang
Pencarian dilakukan dari rumah ke seluruh negara
Konsultasi dokter via telemedicine
Information superhighway will connect every facet of our society

Infrastruktur Teknologi Informasi
Infrastruktur teknologi informasi terdiri dari fasilitas-fasilitas fisik, jasa-jasa dan manajemen yang mendukung seluruh sumberdaya komputasi dalam suatu organisasi. Komponen utamanya adalah perangkat keras komputer, perangkat lunak komputer, fasilitas jaringan dan komunikasi, database dan personalia teknologi informasi.

Koneksi ke Jaringan : Internet
Lebih dari 80% Sekolah dan perpustakaan di US terhubung dengan Internet
Banyak dari komputer pada lapangan pekerjaan terhubung ke jaringan
Jaringan Worldwide merupakan pelayanan konsumen yang baik
Ekonomi global secara umum berubah

Dasar Perangkat Keras
Sistem Komputer:
· Input : Keyboard/Mouse
· Processor : Chip ( jantung computer )
· Output : Monitor/Printer
· Storage :Permanent (Hard Disk), Temporary (RAM)

Dasar Perangkat lunak
Perangkat lunak komputer merupakan serangkaian instruksi dengan aturan tertentu yg mengatur operasi perangkat keras.
Perangkat lunak terdiri dari :
Sistem operasi, adalah perangkat lunak yg digunakan utk mengendalikan sumberresource
Bahasa Pemrograman, merupakan perangkat lunak yg digunakan sbg alat utk pengembangan program aplikasi
Aplikasi, merupakan perangkat lunak yg dikembangkan utk digunakan pd aplikasi tertentu

Personal Computer
· 1981: IBM PC
· Banyak pembuat yg mengikuti 100% IBM PC compatibles
· Other PCs: Apple Power Mac, Powerbook, iMac, Macbook

Note Book
· Early notebook PCs did not have the power of a desktop PC
· Now notebooks offer the same level of performance
· Notebook PCs: Ringan, kompak, Portable

Desktop PCs
Typical Desktop PC:
· Motherboard
· Keyboard
· Point and draw device
· Monitor
· Printer
· Hard disk
· Floppy
· CD-ROM or DVD-ROM
· Microphone
· Speakers

Handhelds
Dirancang sesuai dengan genggaman tangan
Contoh : Palmtop, PDA, Organizer
Biasanya dilenkapi wireless
Menggunkan electronic pen

Thin Clients
Seperti PC
Kecil
RAM kecil
Tidak ada internal hard disk
Harga lebih murah
Ketergantungan oleh pusat jaringan

Brainware Teknologi Informasi
Brainware/Lifeware/Spesialis Informasi adalah orang-orang yang bekerja di dalam bidang komputer (teknologi informasi) dan bidang yang berhubungan dengan computer. Dalam teknologi informasi dikenal sepuluh buah profesi yang populer, yaitu :

Chief Information Officer (CIO)
Orang yang bertanggungjawab kepada seluruh aktivitas pelayanan informasi dalam perusahaan.

System Analyst (Analis Sistem)
Orang yang pekerjaannya menganalisis, merancang dan mengimplementasikan sistem informasi. Pekerjaan tersebut meliputi pendefinisian masalah, studi kelayakan, analisis, perancangan (teknologi, model, input, output, database, kendali) secara umum, secara rinci, implementasi dan pemeliharaan sistem informasi. Analis sistem membuat program spesifikasi diperuntukkan programmer.

Programmer
Bertugas menyusun program berdasarkan program specifikasi dari Analis. Karir seorang programmer dapat menjadi Manajer Programmer, bahkan dapat pula menjadi
Analisis Sistem.

Network Administrator
Bertugas merancang dan memelihara Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN). Pekerjaan ini meliputi pemilihan dan penginstalan perangkat lunak dan perangkat keras yang cocok, misalnya modem, router, front-end processor dan memilih media transmisi.

System Programmer
Orang yang pekerjaannya merancang, mengembangkan, memelihara, dan mengimplementasikan perangkat lunak sistem. Perangkat lunak sistem sebagai dasar dari operasi komputer secara umum.

Database Administrator
Bertugas merancang, menciptakan, dan memelihara database yang terintegrasi.

Webmaster (Internet site specialist) bertanggungjawab pada penciptaan dan pemeliharaan satu atau lebih situs Internet. Webmaster dengan menggunakan material sumber dan peralatan pengembangan dari perusahaan untuk menciptakan dan memelihara halaman World Wide Web (WWW).

Computer Operator (Operator Komputer) bertugas :
· melayani peralatan/instalasi komputer
· melaksanakan pekerjaan sesuai dengan urutan prosedure yang telah ditetapkan.
· menyiapkan input data
· memasukan data ke komputer
· mengawasi peralatan-peralatan komputer
· menjadwal pekerjaan komputer.

PC Specialist
Dilatih dalam operasi dan fungsi PC dan berhubungan dengan perangkat keras. PC Specialist cakap dalam penggunaan dan aplikasi paket perangkat lunak PC, misalnya word processing, desktop publishing, komunikasi, spreadsheet, database, dan grafik presentasi.

3. KEUNGGULAN KOMPETITIF DAN SISTEM INFORMASI STRATEGIS
KEUNGGULAN KOMPETITIF
Banyak cara untuk mencapai keunggulan kompetitif diantaranya: menyediakan barang dan jasa dengan harga murah; menyediakan barang dan jasa lebih baik daripada pesaing; dan memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu. Pada bidang komputer, “keunggulan kompetitif” mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan “leverage” di pasaran. Artinya, perusahaan tidak selamanya mengandalkan pada sumberdaya fisik, tetapi pada sumber daya konseptual yang unggul – data dan informasi yang dapat digunakan sama baiknya.
Beberapa perusahaan telah mendapatkan publikasi yang luas karena menggunakan informasi untuk mencapai keunggulan kompetitif. Diantaranya : American Airlines dengan sistem pemesanan penerbangan “Sabre”; American Hospital Supply dengan jaringan EDI (Electronic Data Interchange); dan Mc Kesson Drug dengan sistem distribusinya yang disebut Economost.
Ada 3 pokok penting mengenai 3 contoh keunggulan kompetitif di atas :
a) Tidak satupun perusahaan di atas yang puas hanya mengandalkan sumberdaya fisik untuk menjadi pesaing yang tangguh.
b) Tidak ada aplikasi komputer inovatif yang memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan secara terus menerus.
c) Ketiga perusahaan tersebut memusatkan sumberdaya informasi mereka pada para pelanggannya.

SISTEM INFORMASI STRATEGIS

Bila kita mengharapkan agar penerapan TI optimal, dibutuhkan suatu strategi SI/TI yang selaras dengan strategi bisnis organisasi. Hal ini diperlukan agar investasi yang dikeluarkan untuk TI sesuai dengan kebutuhan dan memberi manfaat yang diukur dari pencapaian tujuan dan sasaran organisasi.
Earl membedakan antara strategi SI dan TI (Earl, 1997). Strategi SI menekankan pada penentuan aplikasi sistem informasi yang dibutuhkan rganisasi. Esensi dari strategi SI adalah menjawab pertanyaan “apa ?”. Sedangkan strategi TI lebih menekankan pada pemilihan teknologi, infrastruktur, dan keahlian khusus yang terkait atau menjawab pertanyaan “bagaimana ?”. Sebagai contoh suatu organisasi menerapkan Executive Information System pada bidang pemasaran hal ini mempengaruhi aliran informasi vertikal dalam perusahaan. Pihak manajemen atas memiliki akses informasi yang lebih besar dan mengurangi ketergantungan sumber informasi terhadap manajemen menengah. Jaringan telekomunikasi sebagai aplikasi teknologi informasi memungkinkan informasi mengalir dengan mudah dan cepat di antara departemen dan divisi yang berbeda.

METODE DAN TEORI ANALISIS PERENCANAAN STRATEGIS SI/TI
1. Analisis SWOT
Analisis SWOT akan dipetakan dari hasil analisis lingkungan. Kekuatan diidentifikasikan dengan tujuan untuk mengetahui apa saja kekuatan organisasi untuk dapat meneruskan dan mempertahankan bisnis. Dengan mengetahui kekuatan yang dimiliki organisasi akan dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan kekuatan sebagai modal untuk dapat bersaing. Mengidentifikasi kelemahan bertujuan untuk dapat mengetahui apa kelemahan-kelemahan yang masih ada, dan dengan mengetahui kelemahan tersebut, maka perusahaan dapat berusaha untuk memperbaiki agar menjadi lebih baik. Kelemahan yang tidak atau terlambat teridentifikasi akan merugikan bagi perusahaan. Oleh karena itu dengan semakin cepat mengetahui kelemahan, maka perusahaan juga dapat sesegera mungkin
mencari solusi untuk dapat menutupi kelemahan tersebut. Dengan mengetahui peluang, baik peluang saat ini maupun peluang dimasa yang akan datang, maka perusahaan dapat mempersiapkan diri untuk dapat mencapai peluang tersebut. Berbagai strategi dapat disiapkan lebih dini dan terencana dengan lebih baik sehingga peluang yang telah diidentifikasi dapat direalisasikan. Berbagai jalan untuk dapat mewujudkan peluang/kesempatan dan mempertahankan kelangsungan bisnis organisasi tentunya akan mengalami banyak ancaman. Ancaman yang dapat teridentifikasi dapat dicarikan jalan keluarnya sehingga organisasi dapat meminimalkan ancaman tersebut.

2. Critical Success Factor (CSF)
Analisa CSF merupakan suatu ketentuan dari organisasi dan lingkungannya yang berpengaruh pada keberhasilan atau kegagalan. CSF dapat ditentukan jika objektif organisasi telah diidentifikasi. Tujuan dari CSF adalah menginterpretasikan objektif secara lebih jelas untuk menentukan aktivitas yang harus dilakukan dan informasi apa yang dibutuhkan.
Peranan CSF dalam perencanaan strategis adalah sebagai penghubung antara strategi bisnis organisasi dengan strategi SI-nya, memfokuskan proses perencanaan strategis SI pada area yang strategis, memprioritaskan usulan aplikasi SI dan mengevaluasi strategi SI.

3. Analisa Value Chain
Analisa Value Chain dilakukan untuk memetakan seluruh proses kerja yang terjadi dalam organisasi menjadi dua kategori aktivitas, yaitu aktivitas utama dan aktivitas pendukung. Mengacu pada dokumen organisasi yang menyebutkan tugas dan fungsi setiap unit kerja berdasarkan pengamatan yang dilakukan terhadap proses kerja yang terjadi di masing-masing unit kerja,

4. Balanced Scorecard
Balanced Scorecard pertama kali dipublikasikan oleh Robert S. Kaplan dan David P. Norton pada tahun 1992 dalam sebuah artikel yang berjudul ”Balanced Scorecard – Measures That Drive Performance”. Balanced Scorecard pada awal diperkenalkan adalah merupakan suatu sistem manajemen penilaian dan pengendalian yang secara cepat, tepat, dan komprehensif dapat memberikan pemahaman kepada manajer tentang performance bisnis. Kaplan dan Norton telah memperkenalkan Balanced Scorecard pada tingkat organisasi enterprise. Prinsip dasar dari Balanced Scorecard ini adalah titik pandang penilaian sebuah perusahaan hendaknya tidak hanya dilihat dari segi finansial saja tetapi juga harus ditambahkan ukuran-ukuran dari perspsektif lainnya seperti tingkat kepuasaan customer, proses internal dan kemampuan melakukan inovasi.
Menurut Kaplan dan Norton, Balanced Scorecard didefinisikan sebagai berikut :
”...a set of measure that’s gives top manager a fast but comprehensive view of the business, includes financial measures that tell the results of actions already taken, complements the financial measures with operational measures on customer satisfaction, internal process and the organization’s innovation and improvements activities – operational measures that are the drivers of future financial performance”.
Balanced Scorecard lebih dari sekedar sistem pengukuran taktis atau operasional. Perusahaan yang inovatif menggunakan scorecard sebagai sistem manajemen strategis, untuk mengelola strategi jangka panjang dan menghasilkan proses manajemen seperti :
1. Memperjelas dan menerjemahkan visi dan strategi.
2. Mengkomunikasikan dan mengkaitkan berbagai tujuan dan ukuran strategis.
3. Merencanakan, menetapkan sasaran, dan menyelaraskan berbagai inisiatif strategis.
4. Meningkatkan umpan balik dan pembelajaran strategis.



4. PENTINGNYA MEMAHAMI TEKNOLOGI INFORMASI
Sejarah perkembangan komputer dimulai dari alat hitung, karena pada dasarnya computer adalah alat hitung. Alat hitung diciptakan kira-kira 3000 tahun yang lalu di Lembah Eufrat Tigris. Alat hitung tersebut disebut ABACUS. Gambar 1.1.
                      
MARK I, ditemukan oleh Howard Aiken dari Harvard University pada tahun 1944. Mesin ini dapat melaksanakan operasi aritmatik secara otomatis. Gambar 1.2
ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator) dirancang oleh John W. Mauckly dan J. Presper Eckert dari University Pennsylvania pada tahun 1946. Digunakan dalam bidang matematika. Pada Gambar 1.3, ditunjukkan komputer ENIAC.
Pada1945, John von Neumann dan sebuah tim dari Universitas of Pennsylvania membuat EDVAC (Electronic Discrete Variable Aoutomatic Computer). Mesin ini merupakan lanjutan dari ENIAC yang mempunyai memory 100 kali. Program dan data disimpan di dalam memory. Gambar 1.4, menunjukkan computer ENIAC.


Gambar 1.2 MARK I


Gambar 1.3 ENIAC

Gambar 1.5 EDVAC

4.1 Generasi Komputer

4.1.1 Defenisi Komputer

Komputer merupakan suatu perangkat elektronika yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu.

Sebuah sistem komputer tersusun atas tiga elemen, yaitu :
Hardware (Perangkat Keras), merupakan rangkaian elektronika
Software (Perangkat Lunak), merupakan program yang dijalankan pada komputer
•    Brainware (SDM)

Generasi Pertama (1942-1958)
Generasi Pertama, komponen elektroniknya dari Tabung Hampa (Vacuum Tube). Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language)
Sifat-sifatnya :
· Ukurannya besar
· Memerlukan banyak Air Conditioning/pendingin karena banyak mengeluarkan panas
· Prosesnya relatif lambat
· Kapasitasnya untuk menyimpan data kecil.
· Media penyimpanan : kartu plong.
Pabrik yang memproduksi : UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL
Contoh Mesin : UNIVAC I, IBM 650 dan sebagainya.

Generasi Kedua (1959 – 1964)
Generasi Kedua, komponen elektroniknya dari Transistor. Program dibuat dalam Assembly (Assembly Language) dan FORTRAN.
Sifat-sifatnya :
· Ukurannya relatif kecil
· Tidak banyak mengeluarkan panas
· Telah mengenal Magnetic Tape dan Magnetic Disk untuk menyimpan data
· Mulai mengenal Tele Processing
· Proses relatif lebih cepat
· Kapasitas untuk menyimpan data semakin besar.
Pabrik yang memproduksi ; UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL, CDC Contoh Mesin : IBM 1620,IBM 1401,IBM 7094, UNIVAC III, CDC 6600 SUPPER, CDC 7600, BURROGHS 5500, HONEYWELL 400 dan sebagainya.

Generasi Ketiga (1964 – 1971)
Generasi Ketiga, komponen elektroniknya dari Integrated Circuit (IC). Program dibuat dalam Bahsa Tingkat Tinggi (High Level Language ) yaitu : BASIC, FORTRAN, COBOL dan lain sebagainya.
Sifat-sifatnya :
· Ukurannya lebih kecil dari komputer generasi kedua
· Mulai mengenal Multi Programming dan Multi Processing
· Adanya Integrasi antara Software dan Hardware dalam Operating System
· Prosesnya sangat cepat
· Kapasitas untuk menyimpan data lebih besar dari Generasi Kedua.
Pabrik yang memproduksi : IBM, BURROGHS, HONEYWELL, NCR
Contoh mesin : IBM System 360, HONEYWELL 200, RCA SPECTRA 70 dan sebagainya.

Generasi Keempat (1971 - …)
Generasi Keempat, mulai memperkenalkan VLSI (Very Large Scale Integration) yang merupakan paduan dari IC dengan kapasitas rangkaian dapat mencapai 100.000 komponen tiap CHIP. Bahkan CHIP dari Intel Pentium 4 dengan Hyper-Threading Technology sudah mencapai 55 juta komponen.
Sifat-sifatnya :
· Ukurannya lebih kecil dari komputer generasi ketiga
· Mulai mengenal komunikasi antara terminal dan komputer serta komputer dengan komputer itu sendiri
· Multi Programming dan Multi Processing
· Mulai mengenal sistem terdistribusi (Database Management System), jaringan lokal dan jaringan jarak jauh.
· Prosesnya sangat cepat sekali
· Kapasitas untuk menyimpan data sangat besar.
Program dibuat dalam bahasa : BASIC, FORTRAN, COBOL, PASCAL, dan sebagainya
Pabrik yang memproduksi : IBM, BURROGHS, COMPAQ, DELL, HONEYWELL
Contoh Mesin: IBM S/34,IBM S/36, IBM PC/AT AND XT, IBM PS/2, HONEYWELL 700, BURROGHS 600, dan lain-lain.

Generasi Kelima (1982 - …)
Generasi Kelima, komponen elektroniknya menggunakan bentuk paling baru dari CHIP VLSI. Program dibuat dalam Bahasa PROLOG (Programming Logic) dan LISP (List Processor). Komputer generasi kelima difokuskan kepada AI (Artificial Inteligence =kecerdasan buatan ), yaitu sesuatu yang behubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analogi tingkah laku manusia.
Sifat-sifatnya :
· Dapat membantu menyusun program untuk dirinya sendiri.
· Dapat menerjemahkan dari suatu bahasa ke bahasa lain
· Dapat membuat pertimbangan-pertimbangan logik
· Dapat mendengar kalimat perintah yang diucapkan serta melaksanakannya.
· Dapat memilih setumpuk fakta serta menggunakan fakta yang diperlukan.
· Dapat mengolah gambar-gambar dan grafik dengan cara yang sama dengan mengolah kata, misalnya dapat melihat serta mengerti sebuah foto.


Gambar 1.5 Komputer Genarsi ke lima (PIM)

4.2 Tipe Komputer
(Berdasarkan ukuran fisik dan kapabilitas Komputers diklasifkasikan menjadi)
•Supercomputers
•Mainframe Computers
•Minicomputers
•Microcomputers ~ Desktop, Notebook, Personal Digital Assistants (PDA’s) Palmtops

4.2.1 Jenis-jenis Komputer
Jenis komputer dapat digolongkan berdasarkan data yang diolah, kemampuan
menyimpan data, bidang masalah dan komponen elektronikanya.

4.2.2 Menurut Data Yang Diolah
a. Komputer Analog.
Komputer Analog adalah komputer yang bekerja paralel secara paralel (analog) antara besaran fisik dan angka-angka. Komputer analog umunya digunakan dalam proses pengukuran, misalnya dalam pembangkit tenaga listrik, pabrik kimia, penyulingan minyak dan sebagainya.
Contoh komputer analog : Amperemeter, Voltmeter, Barometer, Spidometer, dsb.

b. Komputer Digital.
Komputer Digital adalah komputer yang bekerja berdasarkan operasi hitung. Variabel dalam komputer ini dinyatakan dengan angka-angka. Penyelesaian masalah dilakukan dengan proses aritmatik dan logik.
Contoh komputer digital : Calculador, Apple, IBM PC, Komputer yang di laboratorium,dan sebagainya.

c. Komputer Hibrid
Komputer Hibrid adalah komputer yang bekerja secara kualitatif dan kuantitatif. Komputer ini merupakan gabungan antara komputer analog dan komputer digital. Gambar 1.6, merupakan komputer hibrid yang digunakan untuk mengendalikan produksi tambang batubara di Australia.

4.3. Menurut Kemampuan Mengolah Data
a. Komputer Ukuran Kecil (Micro Computer)
Microcomputer atau Personal Computer (PC) adalah komputer ukuran kecil. PC dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu PC konvensional dan nonkonvensional. Yang termasuk PC konvensional meliputi Pocket, Laptop, Desktop, dan Tower. Sedangkan yang termasuk PC nonkovensional termasuk Pen-base Computer, Personal Digital Assistant, dan Network Computer.

Gambar 1.6 Komputer Hibrid

b. Komputer Ukuran Sedang (Mini Computer)
Minicomputer adalah komputer ukuran sedang, lebih besar dari microcomputer tetapi lebih kecil dari mainframe. Contoh dari minicomputer adalah IBM AS/400.

c. Komputer Ukuran Besar (Large Computer/Mainframe)
 Mainframe adalah komputer ukuran besar yang dapat melayani banyak pemakai secara serempak dalam mendukung aplikasi perusahaan. Misalnya departemen sumberdaya manusia, accounting, manajemen persediaan, biasanya merupakan sistem perusahaan besar yang dikendalikan oleh mainframe berbasis jaringan.

d. Komputer Ukuran Super (Super Computer)
Supercomputer adalah komputer yang mempunyai kemampuan super, antara lain:- dapat mensimulasikan aliran udara di sekitar pesawat terbang dengan laju dan amplitudo yang berbeda.dapat mensimulasikan kecelakaan secara otomatis dalam layar video dapat digunakan untuk mempelajari formasi tornado dapat digunakan untuk menciptakan grafik tingkat tinggi yang digunakan untuk efek spesial dalam film, misalnya Independence Day dapat membantu dalam eksplorasi minyak. Contoh dari supercomputer adalah CRAY T3E-900, yang mempunyai kemampuan melakukan operasi satu trilyun per detik. CRAY’s New Red Storm System sebagai produk terbaru dan tercepat dari CRAY. Supercomputer tercepat di dunia adalah BlueGene/L System yang dikembangkan oleh IBM dan DOE’s National Nuclear Security Administration. Gambar 1.7, merupakan Supercomputer BlueGene.


4.4. Menurut Bidang Masalah
a. General Purpose Computer
General Purpose digunakan untuk menangani seluruh jenis masalah baik masalah bisnis maupun ilmu pengetahuan. Aplikasi bisnis meliputi billing, pemrosesan order, analisis pasar saham, pengolahan cek bank, asuransi dan sebagainya. Aplikasi dalam ilmu pengetahuan, misalnya analisis perhitungan darah, tes tekanan udara pada pesawat, analisis suara dan sebagainya.

b. Special Purpose ComputerSpecial Purpose Computer
Special Purpose ComputerSpecial Purpose Computer  adalah komputer yang digunakan untuk menangani satu jenis masalah, misalnya reservasi penerbangan, pengendalian proses industri, pengendalian lampu lalu lintas, komunikasi data, pengendalian lulu lintas udara (misalnya informasi penerbangan, rute tujuan penerbangan, waktu pemberangkatan /kedatangan dsb) dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment

  How to make Fortigate V5.x full licensed..! Free......  Disclaimer: I'm Using fortigate VM64 v5.x , VMware ESXi The first i'm inst...